Rabu, 30 Juni 2010

SEKAPUR SIRIH

Inspirasi menerbitkan buku ini muncul ketika Balai Adat Budaya Karo Indonesia telah terbentuk tanggal 9 September 2009, buku ini diedit dari hasil kongres budaya karo (1995) dan diselang-selingi dengan alat dan peralatan serta ornamen kekayaan Budaya Karo yang ditulis oleh A.G. Sitepu (1980) sehingga lebih bervariasi dalam rangkuman adat nggeluh dan buku ini diberi judul “DINAMIKA PERADATAN ORANG KARO” yang disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Karo agar lebih membumi.

Harapan kita kiranya buku ini dapat menambah kekayaan wacana budaya karo sekaligus mendorong dan merangsang Putra-Putri karo untuk menuliskan kekayaan budaya karo yang meliputi : Sejarah (terutama sejarah kuta, dongeng, legenda dan mite yang ada disekitar kampung), Aksara dan Bahasa Karo, Seni, Arsitek dan Kuliner Karo yang sangat mendesak untuk kita tulis dan dibukukan agar tidak hilang atau diklaim orang, contohnya dibutuhkan sekali penulisan sejarah lahirnya catur karo dan joker karo.

Semoga buku ini mendapat kritik dan saran guna penyempurnaan selanjutnya dari berbagai kalangan terutama pemerhati dan pemerduli karo, bujur mejuah - juah tading dapeten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar